Tips Menghadapi Flue Ketika Travelling

Tips Menghadapi Flue Ketika Travelling - Liburan mungkin sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Akan tetapi jika diperjalanan Anda tiba-tiba terserang flue itu rasanya tidak nyaman. Berikut ini beberapa perlengkapan yang perlu dibawa dan sedikit tips untuk mengantisipasi jika flue mengganggu jalan-jalan kita.


1. Bawa obat-obatan sederhana
Menurut saya, obat-obatan sederhana perlu diperhatikan traveler apalagi yang memang sudah tahu gampang terkena flue atau gampang sakit. Obat-obatan yang kita bawa sendiri akan lebih membantu kita saat terkena flue atau masuk angin di negeri orang dari pada kita harus mencari obat di sana. Apalagi kalau di luar negeri, kita nggak tahu obat mana yang baik atau yang cocok dengan tubuh kita. 
Obat-obatan yang biasa saya bawa misalnya obat masuk angin yang juga cukup enak buat badan kalau lagi capek. Selain itu obat flue yang bisa menurunkan demam, batuk, dan juga pileknya. Yang ini juga yang biasa saya konsumsi. Nggak perlu banyak-banyak. Cukup disesuaikan saja dengan lama kita traveling. 
2. Bawa Masker
Selain obat-obatan, masker juga biasanya nggak ketinggalan saya bawa dalam daftar items traveling saya. Masker saya lebih suka yang kain dari pada masker yang sekali pakai. Menurut saya, masker dari kain bisa lebih irit dan lebih nyaman juga saat dipakai. Masker ini membantu banget saat flue. Kalau pun nggak flue, masker biasanya saya pakai saat tidur di perjalanan. 
3. Jika punya waktu banyak, cukupkan istirahat
Cek itinerary kamu. Apakah kamu punya waktu yang cukup banyak untuk traveling kamu saat itu? Jika ya, nggak ada salahnya meluangkan waktu untuk beristirahat sebentar saja, apalagi jika demam mulai terasa. Flue, banyak yang bilang, obatnya memang cuma istirahat. Kamu bisa pakai setengah sampai satu hari kamu untuk istirahat total di hotel atau penginapan kamu. Manfaatkan dengan tidur yang berkualitas. Istirahat yang cukup sangat membantu proses penyembuhan sakit yang kamu rasakan. 
4. Jika mepet, kendorkan jadwal sedikit
Nah terus gimana dong kalau waktu jalan-jalan kamu padat banget dan cuma punya sedikit waktu? Kamu bisa mengakalinya dengan memiliki tidur berkualitas di malam hari. Kalau biasanya jalan-jalan, kamu akan balik tengah malam ke hotel, coba kembali lebih awal lalu tidur. Gunakan waktu tersebut untuk proses recovery agar keesokan harinya kamu bisa lebih fit dan bisa lebih asyik jalan-jalannya. Cara lainnya, kamu bisa mengendorkan jadwal kamu agar tidak terlalu lelah. Ini juga bisa membantu mengusir flue atau gejalanya yang bikin pegel-pegel badan itu. 
5. Minum air hangat dan jaga makan
Selain beristirahat yang cukup, kamu juga butuh menjaga pola makan kamu saat jalan-jalan. Hindari makanan yang bisa memperburuk kondisi fisik kamu seperti makanan yang berlemak atau goreng-gorengan. Pilih makanan yang bisa membuat tubuh kamu lebih fit seperti buah-buahan dan juga sayuran. Selanjutnya, kurangi minum es meskipun kamu sangat ingin. Lebih baik pilih minuman hangat, terutama air putih. Air putih hangat efektif buat mempercepat tubuh mengusir flue yang menyerang. So, keep healthy ya.
6. Keep enjoying
Yang terakhir, namanya flue emang nggak nyaman banget apalagi kalau datang di saat kita lagi pengen beraktivitas banyak. Tapi, jangan sampai flue malah membuat suasana jalan-jalan kamu jadi berantakan. Tubuh kita punya kekuatan untuk memulihkan diri dari penyakit. Coba dibawa happy aja, dibawa santai agar tidak terlalu kerasa. Kalau gue sih gitu. Semakin dirasa malah semakin sakit rasanya. Tetep enjoy ya meski lagi flue. jangan lupa, langsung cek kesehatan saat kembali ke Indonesia :)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »